Sabtu, 15 Mei 2010

Gerhana Venus Langka Akan Muncul Besok

Bandung - Peristiwa alam langka yang disebut gerhana Venus akan muncul besok, Minggu (16/5/2010). Peristiwa ini dikenal juga dengan nama okultasi venus dimana posisi bumi, bulan, dan planet Venus berada dalam satu garis.

"Saat gerhana Venus, ada waktu dimana venus menghilang dari orbit karena ditelan bulan," ujar Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu (15/5/2010).

Disebutkan Hakim, peristiwa gerhana venus ini terbilang langka karena baru akan terjadi lagi pada tahun 2050. "Memang peristiwa ini tidak lebih spektakuler dari gerhana matahari, tapi karena langka ini jadi menarik," tambahnya.

Gerhana venus ini dapat dilihat dari sejumlah tempat di Indonesia, namun untuk di Kota Bandung, peristiwa ini akan dimulai pada pukul 18.50 WIB dan berakhir pada 19.30 WIB.

"Planet Venus akan mengilang ditelan bulan dari atas, kemudian muncul kembali di bagian bawah," terangnya.

Bulan pada esok hari disebut Hakim akan berbentuk bulan sabit. Hal itu menurutnya akan mengingatkan pada salah satu lambang Islam yaitu bulan dan bintang.

"Jika langit cerah, masyarakat bisa melihat planet Venus berdekatan dengan bulan seperti ikon bulan bintang," kata hakim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar