Rabu, 05 Mei 2010

Bom New York : Pakistan Tahan 2 Orang Terkait Bom New York

KARACHI - Pakistan menahan dua orang yang diduga memiliki kaitan dengan warga Amerika Serikat (AS) keturunan Pakistan, yang ditahan atas keterlibatan dengan bom di New York, AS pekan lalu.

Dua orang yang ditahan tersebut ditangkap di Kota Karachi dan diduga berhubungan dengan tersangka pengeboman gagal di Times Square, Faisal Shahzad. Shahzad sendiri diketahui tertangkap oleh pihak berwenang AS pada hari Selasa 4 Mei, saat hendak kabur ke Dubai dari Bandara internasional JFK di New York.

"Kedua pria yang ditangkap di Karachi ditahan berdasarkan catatan telepon yang mereka lakukan dengan pelaku pengeboman di New York," ungkap seorang pejabat Kepolisian Pakistan, seperti dikutip AFP, Rabu (5/5/2010).

Penyelidikan atas kedua tersangka tersebut saat ini masih dipusatkan pada pencarian fakta apakah sambungan telepon tersebut dilakukan melalui telepon seluler milik keduanya atau ada orang lain yang menggunakan nomor yang sama. Hingga kini hasil akhir penyelidikan masih belum dipublikasikan karena prosesnya masih berlanjut.

Faisal Shahzad, dianggap sebagai pelaku atas percobaan pengeboman yang menggunakan sebuah mobil yang diparkir di Times Square, New York Sabtu 1 Mei lalu. Shahzad merupakan warga negara AS keturunan Pakistan yang tinggal di Connecticut. Sebelum melakukan aksinya, pria berusia 30 tahun diketahui baru saja pulang bepergian dari Pakistan.

Perjalanan ke Pakistan selama lima bulan tersebut dihabiskan Shahzad untuk mengunjungi Peshawar. Daerah ini dikenal sebagai daerah transit bagi perekrutan anggota Al Qaeda dan Taliban. Tetapi dalam pemeriksaan lebih lanjut dengan pihak berwenang AS, Shahzad mengaku jika dirinya tidak memiliki kaitan dengan Al Qaeda ataupun Taliban.
(faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar